Senin, 04 Agustus 2014

Lapangan Aeromodelling Raci

Raci adalah nama suatu tempat di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Di Raci terdapat sebuah lapangan terbang milik TNI AU yang biasanya dipergunakan untuk latihan (penerjunan, droping barang dll). Lapangan terbang Raci terdiri dari rumput, dengan panjang sekitar 1.200 meter dan lebar 100 meter.

Di atas lapangan rumput tersebut dibangun lapangan terbang untuk kegiatan aeromodeling yang terbuat dari beton/semen dengan panjang 120 meter dan lebar 10 meter. Ukuran lapangan terbang aeromodeling tersebut sudah sangat memadai untuk kegiatan aeromodelling. Di sekitar lapangan semen tersebut juga sering dimanfaatkan untuk penerbangan helikopter RC dan pesawat control line (C/L). Tempat ini sangat ideal untuk melaksanakan kegiatan aeromodelling baik bagi pemula maupun yang sudah expert, karena tidak banyak terdapat obstacle yang dapat mengganggu kegiatan penerbangan.

 Lapangan terbang aeromodelling Raci:


Selain itu lapangan terbang Raci juga dilengkapi dengan shelter yang cukup memadai untuk mendukung pelaksanaan kegiatan aeromodelling, baik untuk sekedar berlatih, fun fly maupun untuk pelaksanaan perlombaan aeromodelling.






Shelter:














Pada tahun 2004, di tempat ini pertamakali saya bisa menerbangkan pesawat aeromodelling, mulai dari take of dengan sempurna, bermanuver di udara hingga landing dengan mulus. Waktu itu saya menerbangkan pesawat RC buatan sendiri type Eaglet 50 dengan wing span 120 cm dan memakai engine 15.

Kondisi lapangan terbang aeromodelling Raci saat ini sudah tidak sebagus dulu lagi. Karena usia dan kelihatannya belum pernah mengalami perbaikan. Kondisi run way sudah banyak yang retak dan tidak mulus lagi. Shelter juga sudah mengalami kerusakan, terutama pada lantai keramik sudah banyak yang pecah. Toilet yang berada tidak jauh dari shelter juga sudah tidak berfungsi lagi, bila perlu ke toilet harus berjalan lebih jauh lagi.

Demikian sekilas gambaran tentang Lapangan Aeromodelling di Raci Pasuruan. Semoga bermanfaat bagi para penggemar aeromodelling.

1 komentar: